Senin, 30 April 2012

Metode Pembelajaran Berdasarkan Masalah

Metode pembelajaran berdasarkan masalah ini merupakan metode pembelajaran yang menekankan atau memusatkan pada masalah – masalah dalam lingkungan sosial yang bermakna atau memiliki kaitan yang cukup berpengaruh terhadap siswa.
Adapun peran guru dalam metode pembelajaran PBM ini adalah menyajikan masalah,memberikan pertanyaan, dan memberikan fasilitas dalam proses penyelidikan dan dialog. Prosedur dalam pelaksanaan metode pembelajaran berdasarkan masalah:
1. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, logistik yang di perlukan dalam penyelidikan maupun dialog dan memberikan motivasi.
2. Guru membantu siswa untuk mengorganisasikan proses pembelajaran yang berhubungan dengan tugas yang diberikan meliputi menentukan topik, pembagian tugas, penyusunan jadwal dan hal lain yang mendukung.
3. Guru membantu siswa menemukan dan mengumpulkan informasi yang sesuai dengan topik, melakukan eksperimen,pengumpulan data, hipotesis, dan pemecahan masalah.
4. Guru membantu siswa dalam hal mempersiapkan
laporan hasil kerja.
5. Guru membantu siswa
dalam mengevaluasi hasil penyelidikan yang mereka lakukan termasuk mengevaluasi proses-proses yang mereka gunakan.
Kelebihan:
1. Siswa terlibat secara langsung dalam kegiatan belajar sehingga menimbulkan kesan dan pengalaman belajar yang dapat diserap dengan baik.
2. Siswa dilatih bekerjasama dengan siswa lain.
3. Siswa dapat memanfaatkan berbagai sumber yang berkaitan dengan topik yang diberikan.
Kekurangan:
1. Perlu tingkat kerajinan dan kedisiplinan yang merata dari seluruh siswa agar tujuan dari metode PBM ini dapat tercapai. (siswa yang malas akan sulit menggunakan metode ini).
2. Memerlukan proses yang lama dan dana yang cukup banyak.
3. Tidak dapat diaplikasikan ke seluruh mata pelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar